Jumat, 28 April 2017

Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot

Matapenaku34 -  Tutorial selanjutnya yang akan saya bagikan untuk sobat semua adalah bagaimana cara setting menu-menu dasar di blog. Tentunya ini juga termasuk bagian yang sangat penting untuk para bloger, agar blog bisa tertata rapi dan menarik sesuai keinginan sendiri.
Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot


Sebenarnya cara setting menu-menu ini tidak begitu sulit seperti yang anda bayangkan, yang penting adalah anda tetap semangat untuk belajar dan pantang menyerah, serta BERSABARLAH.
Sebenarnya sudah banyak tutorial-tutorial semacam ini tersebar diinternet, namun seperti biasa tidak ada salahnya jika saya menyajikan hal yang sama namun dengan versi dan gaya penjabaran yang berbeda, namanya aja beda orang jadi ya beda dalam karakter dan kepribadian. Hehe..


Sebentar sobat, saya mau bikin kopi dulu ya boleh ya? karena mata ini terasa sudah agak ngantuk. Saya membuat artikel ini pada malam hari yaitu malam jum'at tanggal 27 April 2017 Pukul 21.20 WIB, seharian juga saya sudah agak capek lembur kerja. Eeh.. lha kok malah curhat, gak apa-apa ya sobat. Silahkan sobat juga menyiapkan kopi atau teh hangat dulu biar fresh. ^_^

5 menit kemudian.. 
ok sobat, sekarang kopi saya sudah jadi dan sudah bisa diminum. Alkhamdulillah mata jadi melek lagi. Hehe

Sekarang kita masuk dalam pokok pembahasan yaitu Cara setting menu-menu dasar di Blog
·         Silahkan anda login ke blogger dulu menggunakan ID anda. Saya anggap anda sudah paham tentang ini, kalau belum silahkan baca panduan Klik Disini.


·         Setelah anda login ke blogger maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti ini, tampilan ini bisa berubah-ubah tergantung pihak blogger mengupdatenya seperti apa, namun tidak jauh berbeda.


Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot

·         Kemudian Klik Setelan, lihat bagian yang saya lingkari warna merah.
·         Maka akan muncul beberapa pilihan. Lihat gambar di bawah ini.
Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot



Penjelasan menu-menu : 
o   Klik Dasar, maka akan muncul tampilan seperti ini. lalu lihat bagian sebelah kanan.
Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot


Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot

§  Judul             :  Untuk membuat Judul Blog anda, yang nantinya akan tampil di bagian Header (atas) blog. Silahkan Klik Edit untuk merubah Judul, lalu akhiri dengan Klik Simpan Perubahan.
Judul sebuah blog sangat penting, maka disarankan untuk membuat judul yang menarik.

§  Deskripsi     :  Untuk membuat deskripsi blog yang akan dibuat. Silahkan klik Edit untuk merubah deskripsi. Deskripsi juga sangat penting bagi blog kita, disarankan membuat deskripsi yang tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, kurang lebih 160 karakter.

§  Privasi                          :   Untuk mengatur apakah blog anda boleh dikonsumsi publik atau tidak. Silahkan dipilih sendiri, saya rasa cukup jelas.

§  Alamat Blog               :  Untuk membuat alamat blog anda. Dalam pembuatan alamat Blog sebenarnya ada dua cara yaitu :
1.       menggunakan subdomain blogspot, misal : matapenaku34.blogspot.com
2.       menggunakan subdomain sendiri, misal : www.matapenaku34.com
silahkan anda untuk sementara menggunakan yang standar dulu yaitu yang menggunakan subdomain Blogspot.

§  Penulis Blog               : Untuk mencantumkan siapa saja yang bisa membuat artikel di blog anda, dengan cara mendaftarkan alamat email setelah itu cek email tersebut lalu konfirmasi atas permintaan menjadi penulis.

§  Pembaca Blog           : Untuk mengatur siapa saja yang bisa menikmati atau membaca blog anda. Disitu terdapat tiga pilihan yaitu Siapapun, Hanya penulis blog, hanya para pembaca berikut. Pilih saja siapapun kalau memang blog anda untuk umum.

o   Klik Pos dan Komentar, maka akan muncul tampilan seperti ini, lihat sebelah kanan.
Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot

Cara Setting Menu-Menu Dasar di Blog Blogspot


§  Tampilkan sebanyak mungkin : Untuk mengatur berapa jumlah posting yang ingin ditampilkan di halapan depan blog anda.

§  Template Entri : Untuk memasukkan tulisan ataupun Kode HTML, agar tulisan atau kode HTML yang anda buat bisa langsung tampil saat anda membuat postingan baru. Jika mau dikosongi juga tidak apa-apa.

§  Tampilkan gambar dengan lightbox : Untuk adalah fitur untuk memberikan efek lightbox pada gambar disetiap postingan anda ketika gambar tersebut di klik oleh pembaca.

§  Bagikan Ke Google+ : Fitur ini berfungsi untuk membagikan setiap anda posting artikel ke Google+, silahkan pilih saja "Yes/Ya".

§  Lokasi Komentar : untuk menentukan tampilan form komentar. Biasanya menggunakan Tersemat.

§  Siapa yang dapat mengomentari? :  untuk mengatur siapa saja yang dapat mengomentari artikel di blog anda.
§  Moderasi komentar ? : untuk memverifikasi komentar yang masuk, apakah akan langsung tampil atau tidak. Sebaiknya pilih saja "tidak pernah", biarkan setiap komentar langsung muncul.
§  Tampilkan verifikasi kata? : kurang lebih sama dengan moderasi komentar, pilih saja "Tidak"
§  Tampilkan tautan balik : ini disembunyikan saja.
§  Pesan Formulir Komentar : Untuk menyampaikan pesan anda kepada orang yang berkomentar. Silahkan ditulis atau diisi saja, karena tulisan itu akan tampil diatas kolom komentar disetiap artikel anda.
§  Akhiri disetiap settingan dengan tombol "Simpan Setelan".

o   Seluler dan Email : untuk posting artikel melalui telepon dan Email
o   Bahasa dan Pemformatan : untuk memilih bahasa yang akan digunakan dan format tanggal
o   Preferensi Penelusuran, setelan ini penting namun akan saya buat tutorialnya tersendiri.
o   Lainnya

Demikian tutorial dari saya tentang Cara Setting Menu-menu Dasar di Blog. Kurang lebihnya mohon maaf, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi anda yang barangkali membutuhkan. Sampai jumpa pada tutorial berikutnya yang diperlu dipelajari oleh seorang bloger.

Terima Kasih dan Semoga Sukses. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda
Gunakanlah kata-kata yang baik dan bijak, santun dan sopan

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *