Senin, 24 April 2017

Cara Membuat Email Gratis di Gmail Lengkap

matapenaku34 - Email adalah layanan surat elektronik. Dalam perkembangan pada saat ini email sudah sangat familiar dan sangat dibutuhkan oleh beberapa kalangan guna untuk kebutuhan kerja atau sekolah ataupun keperluan bisnis.



Disini saya mencoba untuk berbagi tentang cara membuat Email Gratis di Gmail. Saya mengerti pasti sudah banyak yang mengetahui bagaimana cara membuat Email, namun seperti biasa tujuan kami adalah berbagi barangkali bermanfaat bagi yang belum tahu. Keadaan tersebut telah terbukti diberbagai kalangan juga yang datang pada saya dan bertanya bagaimana cara membuat Email, ataupun bahkan banyak juga yang meminta tolong kepada saya untuk membuatkannya, ada yang membuatkannya dengan tujuan untuk digunakan dalam pekerjaannya, ada pula yang akan digunakan untuk keperluan sekolah, dan ada juga yang akan digunakan untuk mendaftarkan berbagai layanan di Hp nya (Hp Android) yang sudah sangat pesat kemajuannya. wah kok saya jadi curhat ya? hehe .. gak apa-apalah karena blog ini juga saya bikin alamat mata penaku, maksudnya coretan-coretan dari hari saya yang ditulis lewat blog, dan juga tulisan tadi untuk pembuka awal pembahasan dari setiap artikel saya.
^_^

Baca juga : cara membuat blog gratis bagi pemula dari A sampai Z

Ok, sekarang kita masuk dalam pembahasan tentang Gmail dulu, seperti layanan yang akan kita pakai untuk membuat email, walaupun masih banyak jasa pembutan email seperti Yahoo, namun kali ini saya menggunakan Gmail.

Gmail adalah layahan email (surat elektronik ) gratis dari google. Pad aawal Gmail menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 1GB, yang pada saat itu sudah mengejutkan dunia melihat para pesaing-pesaingnya hanya menyediakan kapasitas sebesar 2-4 MB saja. Bahkan sekarang Gmail sudah melakukan perbaikan-perbaikan dan menambahkan fasilitasnya guna memanjakan para penggunanya, salah satu fasilitas tersebut adalah Kapasitas yang terus bertambah menjadi 7GB dan sekarang mencapai 15 GB. Layanan surat elektronik yang diluncurkan sekitar pada tanggal 1 April 2004 itu sudah menjadi salah satu layanan surat elektronik terbesar di dunia, dan semakin tahun fasilitas-fasilitasnya terus berkembang. Selanjutnya pemakaian Email menggunakan Gmail juga berbuga bagi para blogger, yang saat ini wajib dimiliki untuk membuat blog di blogger.com.

Pertanyaan yang sering datang pada saya adalah :
Bagaimana cara mendaftar atau membuat Email di Gmail??

OK, sekarang saya jawab bagaimana Langkah-langkah membuat email di Gmail, berikut penjelasannya.

  • Kunjungi atau Klick alamat Gmail, http://mail.google.com
  • Lalu klick Create Account atau buat akun, seperti pada gambar di bawah ini 


  • Maka akan terbuka Form pengisian Formulir Pendaftaran Gmail seperti gambar di bawah ini.

  • Penjelasan Pengisian:
    • Nama Depan (Fast) dan Nama Belakang (Last) : Silahkan diisi dengan nama anda (harus diisi semua), boleh ditambah dengan nama panggilan, yang penting dua kolom tersebut terisi semua.
    • Create Your Username (Pilih nama pengguna anda) : Silahkan diisi sesuai nama depan dan belakang atau boleh ditambah yang lain seperti angka. nama pengguna nantinya akan dijadikan alamat email anda. Terkadang Gmail akan meyuruh anda untuk menggunakan nama pengguna yang lain karena nama pengguna tersebut sudah digunakan oleh orang lain, maka silahkan ganti atau rubah nama pengguna anda. 
    • Create a Password (buat kata sandi) : silahkan isi password sesuai keinginan anda, dan jangan sampai lupa.
    • Confirm your password (konfirmasi sandi anda) : silahkan ketik ulang password yang tadi anda tulis (harus sama persis termasuk besar dan kecilnya)
    • Birthday (Tanggal Lahir) : silahkan pilih bulan lahir anda, lalu isi tanggal lahir anda kemudian isi tahun lahir anda.
    • Gender (Jenis kelamin) : silahkan pilih jenis kelamin anda, Female (untuk Wanita), Male (Untuk Laki-laki)
    • Mobile Phone (nomor telefon) : silahkan isi nomor telefon anda (nomor ini nantinya yang akan digunakan untuk mengkonfirmasi alamat email). no.telefon yang aktif di tangan anda.
    • Your Current email addres (Alamat email anda saat ini tapi yang lain) : silahkan isi alamat email yang lain. Jika belum/tidak punya alamat email yang lain maka boleh dikosongi.
    • Buktikan bahwa anda bukan robot : isi terkadang muncul namun terkadang tidak muncul. jika muncul kode yang pada gambar, silahkan isi kedalam kolom (biasanya berisi gabungan antara teks dan angka)
    • Location (lokasi) : silahkan pilih negara dimana anda berada sekarang.
  • Setelah terisi semua, silahkan klik Next step (langkah berikutnya), maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.




  • Silahkan Klick anak panah ke bawah yang berada di bagian bawah tengah (scrol ke bawah) sampai muncul tombol cancel (batal) dan I Agree (saya setuju). Lihat gambar di bawah ini


  • Lalu Klik Saya Setuju atau I Agree. 
  • setelah itu akan muncul Tampilan untuk Verifikasi Your Account (Verifikasi akun anda).
  • Pada Phone Number (nomor telefon) anda akan terisi sesuai nomor telefon yang sudah anda isikan tadi pada formulir pendaftaran.
  • Sekarang tinggal Klick Contine (Lanjutkan), maka akan muncul kolom verifikasi.
    Tidak lebih dari 15 menit pihak Google akan mengirimkan Kode Verifikasi berisi angka sejumlah 6 digit (6 angka) ke nomor telefon anda.
  • silahkan isikan kode yang dikirim ke nomor telefon anda tersebut ke dalam kolom verifikasi.
  • setelah itu klik verifikasi, dan Email Gmail anda sudah terverifikasi.
  • Proses selesai.


Sekarang Email anda sudah jadi, dan anda bisa menikmati fasilitas Email dari Gmail dengan hak akses penuh untuk berkomunikasi lewat online, dan anda juga bisa gunakan email ini untuk membuat blog gratis di Blogger.com.

Bagaimana mudah kan brow? Kurang lebihnya seperti itulah cara membuat Email dari Gmail, saya yakin anda pasti bisa membuat sendiri setelah membacara artikel di atas. Namun kami tidak menutup mata barangkali anda masih ada yang bingung, maka silahkan gunakan fasilitas Kolom Komentar di bawah setiap artikel untuk berkomunikasi dengan saya, atau bisa juga lewat email dengan berlangganan via email.

Sekian tutorial dari kami, kurang lebihnya kami mohon maaf, karena saya manusia biasa yang tidak mungkin lepas dari salah dan dosa.

Terima kasih dan semoga berhasil.
^_^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan anda
Gunakanlah kata-kata yang baik dan bijak, santun dan sopan

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *